Senin, 27 Oktober 2008

gagal Upgrade DOPOD 818 Pro SAYA malah MATI.....

Pusing.....-pusing....
Bingung.....-bingung....

Baru pertama kali punya PDA/HP (Handphone) layar sentuh malah sekarang mati. Puyeng tujuh keliling. (Sebenernya dulu pernah punya PDA sih, 02 XPhone. Tapi belum touch screen).
Belum lagi mikir gimana bisa nyala... Bisa digunakan lagi gitu?
Eh... bayangan kemarahan sang istri bila mendengar berita duka bin mengharukan buat saya ini sudah datang di benak... Takut banget deh kalau mendengar kemarahan dia, seperti geledek yang mau menyambar.... (Awas...tiaarap....!)

Cerita begini...
Dari hasil puter2 di dunia maya cari cara upgrade Dopod Prophet (termasuk Dopod saya, DOpod 818 Pro), saya temukan berberapa software untuk upgrade. Dari hardSPL, softSPL, RUU (ROM UTILITY UPGRADE). Dan juga beberapa upgrade prophet beberapa versi seperti Prophet i-Phone, Phophet Auris, Prophet2 yang lain deh?
Coba utak-atik, Dopod saya colokan dicoba untuk persiapan upgrade (sebenarnya ada rasa takut kalau gagal sih?). Tapi demi kebaikan dopod milik saya (pikir saya sih), harus saya lanjutkan misi atau proyek untuk meng-upgrade WM5 ke WM 6 / 6.1.
Pertama kali (ini juga hasil baca di-blog lain gitu. Maaf bukannya maksud gak mau nampilin nama blog, tapi bener saya lupa. Daripada susah nyari lagi..Maaf y?). Jalankan HardSPL dulu, Kalau sudah di Hard SPL tidak usah diHardSPL lagi (seperti itulah kira2 tulisan di blog itu). Setelah itu layar akan berubah menjadi putih. Jangan khawatir, jangan panik apalagi bingung. Itu wajar katanya?
Lalu jalankan RUU yang sesuai dengan ID SPL (kebetulan di Dopod saya SPL 0000 atau gimana. Tau yang saya ketahui G4. Maksudnya apa saya juga gak tahu?) Klik RUU, siap untuk upgrade.....
eng..ing..engg... setelah nunggu selama kurang lebih sekian menit, Dopod restart. Dengan hati penuh berdebar... Cling... Nyala Dopodnya. Tapi tampilannya kok masih sama, pikir saya??? Kok gak berubah ya? Atau yang berubah itu bagian mana ya?
Kalau kita upgrade OS Windows XP dari SP1 ke SP2 ato SP3, sih juga berubah. Hanya tulisan di my computer waktu kita properties baru ada perubahan. Tapi kalau di-Dopod di bagian mana y? Saya kira saya saja?
Saya anggap upgrade Dopod itu seperti install ulang OS Windows (WM). Jadi tampilannya harus berubah juga. Ingat atau rekan2 tahu seperti install OS Windows XP dengan CD Black Lite, WinLite, XPGold atau apasaja yang sudah di-utak-atik pasti tampilan Windows berubah sesuai nama CD-nya kali?
Tidak puas dengan itu semua, saya upgrade lagi dirumah (karen tadi yang diatas itu saya upgrade-nya di kantor). Dengan rasa was-was bercampur takut dengan istri, saya dengan sembunyi-sembunyi upgrade lagi, tapi waktu istri sudah tidur.
Cling, sama juga hasilnya. walau saya upgrade dengan RUU prophet yang beda dengan tadi siang.
Kurang puas lagi, di kantor, kira2 jam 1 siang. Kalau gak salah harinya jumat. Saya coba upgrade lagi. Kali ini, saya pikir hasilnya/tampilan akan beda. Karena kali ini saya mau upgrade dengan RUU prophet i-Phone. Semoga saja Dopod saya berubah jadi tampilan i-Phone milik Apple.
Ternyata proses dan tampilan bootloader berbeda dengan upgrade sya yang terdahulu. Kalau dulu waktu upgrade tampilan berubah putih pada layar, kali ini berubah menjadi tiga warna (merah, hijau, biru. kalau susunannya saya lupa, tapi pokoknya tiga warna). Dengan progesif/jalannya install (persennannya sama dengan yang ada di Laptop). Setelah 100%, Dopod pun restart dengan sendiri.
Saya harap kali ini hasilnya beda. Tampilannya juga pasti beda. masih dengan harap-harap cemas. Saya nanti kehadiran tampilan baru Dopod saya....
Cliiiing, yang tampil cuma tiga warna tadi.... Begitu terus tanpa berkedip...
Tanpa berubah loading,tanda-tanda masuk Windows....
Aduh, kok bisa begini ya? Dah jam 2 lagi, bentar lagi kuliah. eh, Dopod saya error....
Coba cari2 di internet artikel atau sejenisnya cara nyelamatin Dopod kesayangan.
Ketemu sih tapi bahasa inggris. Ahhh tambah mumet lagi kalo pake ngartiin bahasa orang luar. Terus saya lakukan upgrade lagi dengan RUU Prophet Temp dan RUU Prophet lainnya (selain Prophet I-Phone tadi), eh malah gak bisa?
Tapi gak pa2, karena installasi gak berhasil biasanya muncul pesan error number berapa gitu kan? Saya cocokin dengan hasil browsing tadi..
error : 264 , artinya dalam bahasa saya (karena aslinya bahasa sono), tolong bawa saja Dopod anda ke service center untuk perbaikan...
Terpaksa puter2 internet lagi cari Dopod service center terdekat (yang penting gak di luar Indonesia gak pa2). Eit, ketemu juga dengan PT. ASTech yang ada di Jakarta. Terus telp dan curhat dengan operator sana (mbak Hence, namanya) tentang maslaah menyedihkan dan menyesakkan saya itu. Pesan mbaknya cuma bawa kesini ja. Kalau rumah saya Jakarta pasti saya bawa, tapi kan rumah saya di pelosok. Sragen gitu? (Untung gak Papua..he..he..he..)
Untung lagi tetangga satu RT saya pulang ke kampung karena mau foto SIM. Untunnya lagi (tambah untung terus, apa ini tanda2 Dopod saya terselamatkan ya?), kerjanya dekat dengan PT. ASTech tadi. Hahh, bisa sekalian titip ini buat dibawa ke Jakarta, daripada via pos. Kan tambah biaya kirim paket lagi? AMan fulus kan?
Mungkin Dopod saya sudah sampai tujuan. Disini, saya cuma berharap dan hanya bisa menunggu Dopod saya diperiksa dan dioperasi sama dokter PDA PT. ASTech. Semoga saja bisa sembuh dan dapat nemani saya lagi. Dopod, saya tunggu kamu pulang dari Jakarta ya? Cepat sembuh dan cepat pulang ya?

1 komentar:

CV. TIAN TANI GROUP mengatakan...

pengalamanku bangeet... malah punyakyu masih koid pe sekarang....
hadeeeeh.....